Breaking News

Sah. Prof Agustinus Rektor Untar

Prof Agustinus Purna Irawan resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Tarumanegara (Untar) periode 2016/2020. Dalam pengukuhannya, Kamis (1/9/2016) siang tadi, mantan Dekan Fakultas Teknis Untar itu bertekad lebih memperkenalkan Untar untuk diperhitungkan sebagai perguruan tinggi terbaik.

"Ada tiga pilar yang menjadi pijakan kami untuk mewujudkan itu ke depan, yaitu integritas, profesionalisme dan entrepreneurship. Ketiganya kami elaborasikan dalam menyiapkan kapasitas dosen dan mengimplementasikan iptek serta inovasi di kampus ini," ujar Agustinus.

Agustinus mengakui selama ini publikasi untuk memperkenalkan karya para dosen dan profesor Untar masih terlalu minim, baik lewat jurnal ilmiah maupun media massa. Untuk itu, salah satu "pekerjaan rumah" Untar ke depan adalah memperbaiki sisi publikasi tersebut.

Sementara itu, salah satu pendiri Untar, Ir Ciputra, mengatakan bahwa pilar entrepreneurship harus dikedepankan oleh perguruan tinggi, termasuk Untar di bawah pimpinan Agustinus. Tokoh bisnis yang akrab disapa 'Pak Ci' itu menyoroti kesiapan Untar untuk melahirkan banyak wirausaha.

"Saya ingin tularkan ilmu saya di sini (Untar) supaya yang tamat dari kampus itu bukan cuma pencari kerja, tapi lebih banyak pencipta lapangan kerja," kata Ciputra.

"Setahun belakangan keran investasi asing semakin dibuka lebar, pemimpin kita keliling dunia cari investor, segala fasilitas dipermudah termasuk soal pajak seperti tax amnesty. Semua itu bagus, tapi percuma saja kalau SDM kita tidak siap mental untuk itu, yaitu punya mental entrepreneur," tambahnya.