Breaking News

Pemkot Bantu KUBE Rp 1 Miliar

Prabumulih, RT - Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih melalui dinas sosial, memberikan bantuan dana kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebesar Rp 1 Miliar, bantuan tersebut akan diterima oleh sebanyak 50 KUBE yang tersebar di sejumlah wilayah di Kota Prabumulih.
Kepada penerima bantuan, diharapkan dapat memanfatkannya sehingga  meningkatkan perekonomian anggota KUBE, "Kita harap bantuan itu digunakan dengan sebaik - baiknya, digunakan sesuai peruntukannya, dan tidak digunakan untuk hal yang tidak perlu, yang bukan untuk peningkatan usaha," kata Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, (2/11).

Wako pun menghimbau agar KUBE bersama anggotanya, selaku penerima bantuan, untuk tidak main - main dengan bantuan yang diberikan, "Kalau main - main dengan bantuan, maka yakinlah derajat hidup tidak akan pernah berubah ke arah yang lebih baik, hal ini kita pernah beri bantuan, tapi uang bantuannya habis tak tersisa, sementara hidupnya tidak juga lebih baik," ujarnya.

Ridho juga melanjutkan, agar bantuan yang diberikan tersebut, dapat berkesinambungan, atau terus - menerus, "Jangan bantuan yang kira berikan, habis sekali kegiatan, baru untung sedikit, tapi sudah dihabiskan, tapi gunakanlah bantuan dengan keuntungan itu, untuk modal selanjutnya, karena Pemkot beri bantuan hanya satu kali saja," bebernya.

Karenanya, jika usaha ingin berhasil, harus dimulai dengan niat baik, maka hasilnya akan lebih baik, "Jadikan usaha yang digerakkan itu, menjadi sumber penghasilan keluarga, karenanya perencanaan dengan pelaksanaan harus dilakukan dengan sangat matang," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bantuan Jaminan Sosial (Banjamsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Prabumulih, Heryanto, menambahkan bahwa dari 50 KUBE tersebut, masing - masing menerima  Rp 20 juta per KUBE, "Dari KUBE itu memiliki 10 orang anggota, yang mempunyai keinginan untuk usaha bersama, beragam jenisnya, mulai dari kerajinan tangan, kuliner, menjahit, dan lainnya, yang telah mengusulkan di tahun lalu, hari ini penyerahan simbolis, selanjutnya tinggal pencairannya saja," terangnya.

Terpisah, Wina (45), salah seorang anggota KUBE asal Kelurahan Wonosari, membenarkan bahwa KUBEnya mendapat bantuan dana dari Pemkot, "KUBE kita usaha di pembuatan kemplang ikan, semoga bantuan ini menambah pasokan modal kita," pungkasnya. (01).