Breaking News

Balon Wako Mulai Tebar Pesona


Prabumulih, RT – Pemilihan Walikota Prabumulih, yang tahapannya sudah mulai dilakukan pada akhir tahun depan, gaungnya sudah mulai terasa dari sekarang, hal itu dilihat dari banyaknya baliho bakal calon (balon) Walikota (wako) Prabumulih yang akan mengikuti Pilkada tahun 2018 mendatang, yang sudah bertebaran terpasang di pinggir jalan hingga ke pelosok Kota Prabumulih.

Seperti yang diungkapkan oleh Rosi (42) warga Kelurahan Majasari, mengatakan bahwa baliha calon wako sudah banyak menyebar di daerahnya, “Pasangnya kapan kita tidak tahu, mungkin malam para pendukung waktu masangnya, tiba – tiba sudah ada depan rumah, bukan itu saja, di wilayah kelurahan tempat tinggal kita, setidaknya ada sekitar 6 baliho yang terpasang,” katanya singkat, (14/12).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih, M Takhyul Sip, menyatakan, pemasangan baliho tersebut lumrah dan biasa terjadi, “Saat ini belum masuk tahapan pilkada, jadi sah – sah saja, asalkan tidak bertentangan dengan aturan Pemkot, lagipula mereka melakukan itu sebagai bentuk sosialisasi,” ujarnya pada wartawan.

Terkecuali, lanjutnya, bila pemasangan baliho itu sudah masuk tahapan Pilkada, maka pihaknya bisa melakukan penertiban bersama pihak badan pengawas pemilu (Bawaslu), “Hal itu karena, pemasangan baliho, sudah ada aturan dan ketentuannya, kalau dilanggar pastinya ada sanksi untuk hal tersebut,” bebernya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Kota Prabumulih, Martodi SH MM, menjelaskan, pihaknya tidak akanmempermasalahkan pemasangan baliho tersebut, sepanjang tidak dilakukan di median jalan, “Asal tidak melanggar aturan, hal itu boleh saja, lagipula belum masuk tahapan Pilkada, namun kita menyarankan, sebelum memasang, hendaknya mengurus perizinannya dulu ke DPPKAD atau ke Sintap,” tandasnya.

Salah satu calon yang digadang akan maju, dan balihonya mulai tersebar di seluruh sudut Kota Prabumulih, yakni TR Hulu, belum mau mengomentari terkait banyaknya baliho yang terpasang atas nama dirinya, “Saat ini, kita belum mau komentar banyak, nanti akan kita ungkapkan semuanya pada saat yang tepat,” pungkas mantan Anggota DPRD Prabumulih ini. (01).