Breaking News

Wawako Lakukan Peletakan Batu Pertama Program Bangun Rumah


Prabumulih, RT – Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih menyatakan akan segera menuntaskan program bangun rumah tidak layak Huni (RTLH), yang masih tersisa kurang lebih 300 an unit lagi, karena itu Pemkot mengharapkan banyak pihak terutama dari kalangan swasta, untuk membantu penuntasan RTLH yang dikelola Baznas tersebut, demikian diungkapkan oleh Wakil Walikota Prabumulih H Andriansyah Fikri, SH, sesuai peletakan batu pertama program bangun rumah milik warga yang bernama Sundari (56), warga RT 02 RW 03 Kelurahan Gunung Ibul Barat, Prabumulih, (31/1).

Fikri menuturkan, pihaknya terus melakukan pendataan terhadap rumah warga yang tergolong RTLH, untuk masuk ke program bangun rumah. “Pendataan terus kita lakukan, dari situ kita peroleh bahwa masih sekitar 300 unit RTLH yang perlu kita tuntaskan, tapi kita optimis pada akhir tahun 2017 ini, RTLH tidak ada lagi di Prabumulih, karena sudah kita bangun ulang seluruhnya,” kata Wawako didampingi Ketua DPRD Prabumulih.

Karena itulah, agar RTLH seluruhnya dapat dituntaskan, pihaknya mengajak banyak pihak baik dari perusahaan swasta maupun warga yang memiliki kelebihan harta, untuk menginfakkan hartanya, agar bisa dibangunkan rumah yang layak bagi warga kurang mampu. “Dari perbankan saja, baru ada 4 bank yang membantu, yakni BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BSB, serta PT Pertamina EP Aset 2, sedangkan Bank dan perusahaan swasta yang lainnya, belum ada kontribusinya, tak hanya itu kita harapkan juga bagi warga yang kaya pun, agar mau menzakatkan hartanya ke Baznas,” bebernya.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi, terhadap pihak yang telah membantu dalam program bangun rumah ini. “Seperti hari ini, kita melakukan peletakan batu pertama rumah Pak Sundari, ini hasil sumbangan dari rekan – rekan kita dari DPRD Prabumulih, kita harapkan kedepannya, agar mereka menambah bantuannya, tapi tetap kita apresiasi bagi mereka yang telah membantu,” tukasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Prabumulih H Ahmad Palo menerangkan, bahwa pihaknya menyalurkan bantuan untuk pembangunan RTLH di Prabumulih. “Kita lihat pengelolaan oleh Baznas sangat tepat sasaran, jadinya kita tertarik pula untuk berpartisipasi dalam program bangun rumah ini, hari ini kita bantu 1 rumah, kedepannya akan coba kita tambah menjadi dua atau lebih,” ujar politisi PPP ini.

Ditambahkannya pihaknya juga mengajak, agar anggota masyarakat lainnya, untuk ikut berpartisipasi dalam program bangun rumah ini. “Dana yang terkumpul dikelola oleh Baznas secara professional, karena itu masyarakat jangan khawatir bila ingin membantu, apalagi program bangun rumah ini, sangat membantu bagi warga yang kurang mampu,” pungkasnya. (01).