Breaking News

Presiden Jokowi Minta Pasar Tradisional Terus Dibenahi

Rubrikterkini.com – Presiden Joko Widodo mengharapkan agar jajaran Kementerian Perdagangan, untuk terus melakukan penataan dan pembenahan pada Pasar Tradisional secara menyeluruh, mulai dari fisik pasarnya, hingga pedagangnya diberikan pengetahuan yang lebih baik, mulai dari permodalannya hingga berbagai pelatihan yang diperlukan, demikian diungkapkannya usai membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2017, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/2) pagi.

Turut hadir dalam pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2017 ini dihadiri oleh Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian

“Saya minta mengenai pasar tradisional itu diurus dengan betul, supaya pasarnya bersih serta nyaman, harus ada tempat parkirnya, serta tidak becek dan bau, tak hanya fisik, manajemennya juga tolong diarahkan lebih baik lagi, itu semua sangat penting, karena semua itu tidak pernah ada perubahan, dikarenakan mereka memang tidak ada yang membimbingnya,” kata Presiden.

Dilanjutkannya pula, bahwa bentuk bimbingan itu dalam bentuk yang sederhana atau mudah dimengerti, agar lebih mudah dalam pemahaman. “Contohnya pelatihan penataan barang, kalau bisa penataan barang di pasar tradisional sama dengan ada yang di minimarket atau supermarket, dan bimbingan semodel penataan itu penting diberikan pada para pedagang pasar tradisional itu,” bebernya.

Diharapkannya pula, kepada para pedagang pasar tradisional itu pula, juga diajari dalam hal manajemen keuangan. “Dalam melayani konsumen juga harus diajari lagi, termasuk pula dalam manajemen stok harus diberi tahu,” ujarnya.

Presiden juga mengharapkan agar dilakukan pula mengenai penataan pakaian seragam dari para pedagangnya. “Saya kira , anggaran seragam itu masih jauh lebih kecil, dengan anggaran yang ada di kementerian, sehingga terlihat ada perubahan bila ada konsumen yang belanja,” tandasnya.


Presiden menyampaikan dirinya yakin, bahwa pasar tradisional dapat dirubah, asal bimbingan dapat dilakukan dengan baik. “Memang perlu kerja yang lebih keras lagi untuk mewujudkan itu, tapi nanti kalau kita melihat mereka naik ke level yang lebih tinggi, kita semua akan bangga,” pungkasnya. (04/SKB)