Breaking News

Kekompakan Kesenian Marawis Ala TNI – Polri


Prabumulih, RT – Marawis salah satu jenis kesenian yang bernuansa islam, dengan "band tepuk" dan perkusi sebagai alat musik utamanya. Music jenis ini memiliki nuansa keagamaan yang kental, tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta. Biasanya para pemain memakai pakaian yang juga bernuansa agamis, namun bagaimana kalau kesenian marawis ini dibawakan oleh para personel TNI dan Polri, pastinya akan sangat menarik.

Hal itu terlihat dalam pertunjukan yang digelar ketika menyambut kunjungan kerja (kunker) Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto MSi, beberapa waktu yang lalu. Di acara itu, ditampilkan marawis yang dimainkan oleh anggota TNI-Polri. Meski datang dari institusi berbeda, mereka tampil begitu kompak dan memukau.

Rupa-rupanya, tim gabungan yang terdiri dari anggota Yon Zipur 2/SG dan Polres Prabumulih ini sengaja dibentuk dan baru latihan bersama selama Hanya dalam waktu empat hari. Dan baru pertama kali tampil bersama di acara kunker Kapolda.

Kasdam II/SWJ Brigjend TNI DR Marga Taufik SH MH, pada waktu ikut dalam kunjungan tersebut, mengakui sangat bangga atas keberhasilan pembentukan Tim Marawis TNI-Polri ini, yang tampil kompak.“Kita sama-sama angkatan 87, masih satu angkatan dengan Kapolda dan Wakapolda Sumsel semasa menempuh pendidikan di Akpol dan juga Akmil.keakraban ini kita tularkan hingga ke level bawah personel kita,” bebernya.

Pihaknya juga mengapresiasi penampilan marawis TNI-Polri, menurutnya waktu empat hari. Jika tidak ada hubungan emosional, maka penampilan marawis ini tidak begitu sempurna. “Makanya, hubungan antara TNI-Polri harus terjaga dengan baik,” katanya.

Sementara itu, penampilan Marawis Tni dan Polri ini tak hanya kompak tapi juga memukau dengan lagu kolaborasi Betawi dan Arab yang ditampilkan. “Memang singkat sekali latihan kita, tetap alhamdulillah penampilan marawis TNI-Polri memukau dan cukup menghibur,” ujar Kapolres AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Sabhara AKP Toni Arman SH kepada Koran, (9/3).

Dirinya juga berharap, agar kekompakan grup marawis ini juga menular ke anggota yang lainnya. “Kita harapkan personel kita, dengan pihak TNI khususnya pihak Batalyon Zipur II SG, juga akan mengalami hal yang sama, kompak selalu, dalam menjalankan tugas Negara, melindungi masyarakat,” pungkasnya. (01).