Breaking News

Daftar Haji Sekarang, Tidak Perlu Repot Pergi Ke Bank

Pelayanan Satu Atap Haji Diresmikan Kemenag Kerjasama Dengan BRI Syariah Cabang Prabumulih
Prabumulih, RT - Guna mempermudah masyarakat khususnya calon jemaah haji, dalam melakukan pendaftaran dan pelunasan biaya haji, maka pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Prabumulih, melakukan kesepakatan bersama dengan pihak Bank BRI Syariah, membuka pelayanan satu atap pendaftaran haji, ditandai dengan penandatanganan MoU pimpinan kedua instansi, di kantor Kemenag Prabumulih, acara disaksikan oleh Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM diwakilkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) drs H Joharuddin Aini MM, sekaligus membuka acara dengan melakukan pemotongan pita, (12/4).

Kepala Pimpinan Cabang BRI Syariah Kota Prabumulih, Amir Machmud mengatakan bahwa pihaknya sepakat kerjasama dengan Kantor Kemenag Prabumulih, dalam hal pembukaan rekening calon jemaah haji, pembayaran dan pelunasan biaya haji, melalui BRI Syariah. "Jadi calon jemaah haji, tidak perlu sering mondar - mandir baik dari kantor kita, kemudian Kemenag lagi hanya untuk mendaftar haji," katanya.

Dengan begitu, lanjut Amir, para calon jemaah haji, cukup melakukan seluruh kegiatan pendaftaran haji, hanya di satu tempat. "Jadi kita buka kantor kas, di salah satu ruangan di Kantor Kemenag, dengan demikian, pelayanan kita persingkat, memudahkan calon jemaah haji, yang kebanyakan lansia, di Sumsel ini, Prabumulih yang kedua setelah Palembang, tapi kita launching secara resmi," bebernya.

Hal senada diutarakan oleh Mety Wirahadikusuma, selaku perwakilan manajemen BRI Syariah Pusat, bahwa pihaknya siap mempermudah layanan ke masyarakat, sekaligus ingin mengajak lagi, agar masyarakat tertarik menyimpan dananya ke BRI Syariah, yang saat ini baru 5 persen masyarakat yang mengenal perbankan syariah. "Jadi kita ingin lebih menjangkau nasabah lebih luas lagi, apalagi kementerian keuangan, telah membolehkan dana yang berasal dari APBN, untuk disimpan dan dikelola oleh perbankan syariah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag drs H Yeri Taswin Mpdi, menerangkan bahwa, adanya kesepakatan berupa layanan satu atap haji ini, sebagai bentuk komitmen Kemenag bagi masyarakat untuk memberikan kemudahan di bidang  pelayanan haji dalam hal pendaftaran dan pelunasannya. "Ini juga bentuk inovasi dan program kemenag dalam melayani umat, dan kita pilih melakukan kerjasama dengan pihak BRI Syariah," tandasnya.

Terpisah Sekda Prabumulih, drs H Djoharuddin Aini, sangat mengapresiasi, langkah kemenag dan BRI Syariah, yang ingin mempermudah jemaah haji asal Prabumulih. "Kita harap hal ini, diketahui masyarakat luas, bahwa daftar haji sudah makin mudah, karena sudah satu atap dengan bank, dan Pemkot siap membantu pembangunan sarana untuk kantor kasnya, asal mengajukan proposalnya ke kita, dan Pak Walikota sangat mendukung hal yang seperti ini," pungkasnya. (01).