Breaking News

Tingkatkan Minat Baca Anak Lewat Lomba Bercerita Dan Pidato Bahasa Inggris

Prabumulih, RT – Guna meningkatkan minat membaca bagi pelajar di Kota Prabumulih, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Prabumulih menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI, serta lomba pidato bahasa inggris tingkat SMA/SMK/MA. Tercatat pada lomba ini di ikuti sebanyak 38 Peserta dari SD/MI. Dimana para peserta lomba menceritakan sebuah cerita rakyat dan legenda Kota Prabumulih.

Tampak belasan pelajar tingkat SD begitu antusias mengikuti lomba bercerita yang bertemakan Melalui lomba bercerita dan lomba pidato bahasa inggris kita tingkatkan minat budaya baca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa itu.

Dengan gaya dan logat bahasa masing-masing yang dibawakan tak ayal mengundang tawa hadirin yang menyaksikan. Dari kegiatan lomba bercerita ini, terungkap masih banyak cerita rakyat asal Kota Prabumulih yang belum terpublikasikan. Hal ini juga menjadi harapan pemerintah untuk menjaga kelestarian daerah tidak punah dimakan waktu.


Lomba ini dibuka Kegiatan ini dibuka oleh Asisten III Setda Kota Prabumulih Drs. H. Asymuni, M.Pd.I. Dalam sambutannya Asymuni mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Prabumulih sangat mendukung kegiatan lomba bercerita yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Daerah.
Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan makna bagi kecerdasan kehidupan bangsa. Tidak lupa ia juga juga mengapresiasi Dinas Pendidikan atas kerjasamanya dalam membantu peserta didik khususnya untuk membudayakan gemar membaca. "Selamat berlomba, junjung tinggi sportifitas dan berikan yang terbaik, gunakan kesempatan baik ini untuk tampil maksimal sehingga mencapai prestasi yang gemilang. Kiranya kegiatan seperti ini dapat diikuti oleh seluruh sekolah di Kota Prabumulih di masa mendatang, karena membaca adalah pelopor pembangun generasi muda dan bahasa itu mempererat komunikasi sosial serta kecintaan terhadap budaya nasional, dimana teknologi informasi telah menjauhkan anak-anak dari gemar membaca dan berkomunikasi dengan dunia luar," ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Prabumulih, Abdullah Abadi AP MH, menerangkan pemenang lomba bercerita dan pidato bahasa inggris ini akan diikutkan di tingkat provinsi, mewakili Kota Prabumulih. “Dan kalau menang pula di tingkat provinsi, maka akan ikut di ajang perlombaan serupa pada tingkat nasional,” pungkasnya.

Data yang dapat dihimpun, Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti oleh 38 Peserta dari SD/MI untuk Lomba Bercerita dan Pidato bahasa inggris yang diikuti oleh 35 peserta dari SMA/SMK/MA se-kota Prabumulih. Adapun pemenang dari lomba ini akan mewakili Kota Prabumulih di tingkat Provinsi. Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Abdullah Abadi, AP, MH., Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, para guru pembimbing dan tamu undangan lainnya. (01).