Breaking News

Kota Prabumulih Raih Piala Adipura Keenam


Prabumulih, RT – Untuk Keenam kalai secara berturut – turut, Kota Prabumulih kembali meraih piala Adipura dengan kategori Kota kecil terbersih. Adapun rencananya, Piala Adipura akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, pada 2 agustus 2017, di Manggala Wana Bakti, Jakarta.

“Undangan perihal penerimaan piala Adipura telah kita terima. Alhamdulillah, untuk keenam kalinya kita kembali piala Adipura. Semoga bisa terus kita pertahankan, untuk tahun – tahun selanjutnya,” kata Kepala Dins Lingkungan Hidup (DLH) Kota Prabumulih, Ir Dwi Koryana, pada wartawan.

Menurutnya, mempertahankan piala Adipura, bukanlah perkara yang mudah, apalagi criteria penialaian dan titik pantau penilaiannya selalu berubah – rubah. Apalagi, di tahun ini, persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LH dan Hut), terbilang cukup berat. “Ada ratusan titik pantau yang dinilai, seperti, pasar tradisional, kecamatan, kelurahan, jalan protocol, pertokoan, sekolah, rumah sakit, puskesmas, perkantoran pemerintah, drainase dan sungai. Ditambah dengan kondisi Prabumulih sekarang yang masih terus membangun,” bebernya.

Disampaikannya pula, pihaknya juga turut terbantu oleh partisipasi masyarakat, yang cukup jelas meningkatkan atau mendongkrak penilaian piala Adipura. “Sebagai contoh partisipasi masyarakat yang turut serta ikut, kalau ada kegiatan pungut sampah bersama, serta selalu menjaga lingkungan rumahnya,” tandasnya.

Sementara itu, Ardi (34) salah seorang warga Kelurahan Dusun Prabumulih, mengapresiasi atas kembali diterimanya Piala Adipura bagi Prabumulih, seraya berharap, agar Kota Prabumulih terus bersih dan sehat lingkungannya. “Kalau bersih lingkungan, kita juga turut merasakan kebaikannya juga, kita terus berharap agar semua pihak sadar akan kebersihan di Prabumulih,” pungkasnya. (01).