Breaking News

Polres Prabumulih Siagakan 246 Personil Menjelang Kampanye Pilkada

PRABUMULIH, Rubrik Terkini.com - Selama tahapan kampanye Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018, Kepolisian Resor Prabumulih menyiagakan 246 Personilnya. Kapolres AKBP Andes Purwanti, SE., M.M menyatakan Polres Prabumulih siap untuk melakukan pengamanan penuh selama perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini.

" Untuk mengawal pelaksanaan pilkada yang berintegritas damai dan aman, kita sudah menyiapkan 246 personil baik bersifat stand by maupun mobile," Ujar Kapolres Saat menghadiri gelaran Deklarasi Kampanye Damai yang dipusatkan di taman Prabujaya kota Prabumulih, Minggu (18/02/ 2018).

Tak hanya itu, kapolres menambahkan Kepolisian akan menjaga netralitas, tidak melakukan politik praktis dalam bentuk apapun. Hal ini sesuai dengan komitmen dan Fakta integritas yang di buat dan disetujui di intern kesatuan Polres Prabumulih.

" Kita akan menjaga netralitas dan hanya mengedepankan keamanan pada Pilkada serentak tahun 2018 ini. Guna memastikan netralitas itu, Kita telah membuat Fakta integritas di intern Polri sendiri, khususnya Polres Prabumulih," Tambah kapolres.

Dengan netralitas tersebut, tambah kapolres, anggota kepolisian harus bisa menempatkan diri dengan tidak memilih ataupun menyuruh memilih. Apabila di indikasi ada anggota kepolisian yang berpolitik praktis, maka akan diperingati serta kita berikan sangsi disiplin yang tegas. 

"Apa bila ada laporan terkait hal itu,  maka kita akan melakukan penyelidikan atas kebenaran tersebut melalui fungsi pengawas internal, dan P3D (provos)," tambahnya.

Disisi Lain, Ketua KPU kota Prabumulih M Takhyul mengatakan, deklarasi kampanye damai merupakan bagian dari pilkada damai, karenanya  pihak KPU selaku penyelenggara akan bersinergi dengan pihak keamanan terutama pihak kepolisian resor Prabumulih dalam menjaga kelangsungan pemilu yang aman dan damai.

" Kami harap sinergiritas anta pihak penyelenggara dan pihak keamanan dapat selalu terjaga, sehingga pemilihan yang akan diselenggarakan pada 27 juni 2018 mendatang dapat  berjalan aman dan kondusif sesuai dengan tema " Pemilih berdaulat negara kuat," Jelasnya. (Han/Bio)